Senin, 05 Mei 2014

Matakuliah Praktikum Basis Data


Ini nih praktikum yang aku suka.. hehe... 
Untuk teorinya matakuliah Basisdata ini diajar oleh Ibu Triyanna Widyaningtyas... sedangkan praktikumnya diajar oleh kakak-kakak assistant praktikum... ^.^
 
Dalam Praktikum Basis Data ini materi yang dimuat diantaranya sebagai berikut :  

1.    Objek Basis Data
Materi ini membahas tentang objek-objek basis data serta penggunaanya dalam membangun sebuah basis data. Objek basis data yang dibahas terdiri dari basis data (database), table ( berkas atau file), field ( elemen data atau atribut), baris ( rekaman  atau record ), primary key, relationship, nilai (isi  data atau value) . 

2.    SQL (Structured Query Language)
Materi ini membahas tentang SQL yang terdiri dari DDL dan DML. DDL (Data Definition Language) menyediakan perintah untuk mendefinisikan, memodifikasi, dan menghapus skema relasi. DML (Data Manipulation Language) menyediakan perintah untuk menambah, memodifikasi, menghapus dan mengambil data di dalam basis data.

3.    Fungsi Agregat
Materi ini membahas tentang keyword DISTINCT, pengelompokan data, penggunaan HAVING dan fungsi agregat yang digunakan dalam pembuatan basis data. Fungsi agregat tersebut terdiri dari : COUNT, SUM, AVG, MIN, dan MAX.

4.    MySQL
Materi ini membahas tentang penggunaan MySQL dalam pembuatan basisdata. MySQL (dieja “My Ess Que Ell”) merupakan perangkat lunak basis data yang dikembangkan oleh perusahaan bernama MySQL AB.

5.    Relasi dan Join
Materi ini membahas tentang relasi dan join yang ada dalam pembuatan basis data. Relationship adalah suatu hubungan antara beberapa entitas. merupakan kombinasi record dari dua atau lebih tabel di dalam  basis data relasional yang menghasilkan sebuah tabel baru.

6.    SubQuery
Materi ini membahas tentang SubQuery yang digunakan dalam basis data. Subquery (disebut juga subselect atau nested select / query atau inner-select).


Untuk modul praktikum didapatkan langsung ketika praktikum.... mohon maaf belum bisa share modulnya disini... belum izin soalnya... hehe.. ^.^

0 komentar:

Posting Komentar